Upacara Adat Labuh Saji - wisata palabuhan ratu
Headlines News :

Upacara Adat Labuh Saji

Written By supandi on Saturday, September 8, 2012 | 8:16 PM

Upacara adat labuh saji adalah upacara perayaan yang berkembang di palabuhan ratu, sukabumi, jawa barat, dan ini adalah wujud nyata yang menjunjung tinggi para leluhur mereka.Dan salah satunya adalah labuh saji yang dilaksanakan oleh masyarakat nelayan, acara ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta alam semesta ini.

Upacara adat labuh saji sudah  turun temurun dan masih terjaga sampai sekarang, rasa persatuan dan kesatuan masyarakat palabuhan ratu masih di pegaang erat demi mempertahankan budaya leluhurnya dan salah satunya adalah dengan melaksanakan labuh saji ini setiap tanggal 6 april.

Mitos yang berkembang menyatakan Nyi Putri Mayangsagara merupakan keturunan putri Raden Kumbang Bagus Setra dan Ratu Puun Purnamasari yang berkuasa di Kerajaan Dadap Malang (sekarang termasuk wilayah Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi). Bagus Setra adalah keturunan Kerajaan Pakuan (Bogor) yang meninggalkan kerajaan dan memilih berdiam di Dadap Malang karena konflik internal.
Didalam acara syukuran hari nelayan, ada sepasang ayah dan putrinya yang digambarkan sebagai Mayangsagara dan Bagus Setra diarak dari Pendapa Kabupaten Sukabumi ke dermaga Palabuhanratu. Mayangsagara dan Bagus Setra yang naik delman menjadi pusat perhatian ribuan pengunjung dalam setiap kali perayaan syukuran nelayan. 
Dahulu sesajen yang digunakan berupa kepala kerbau/kambing, namun sekarang diganti dengan menaburkan benih ikan, benur (bibit udang), dan tukik (anak penyu) ke tengah teluk Pelabuhanratu.
Tukik dan sidad adalah wujud kesuburan laut. Untuk itulah, nelayan menebarnya ke laut dengan harapan laut Palabuhanratu tetap subur dan memberikan banyak ikan bagi setiap nelayan yang turun ke laut.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. wisata palabuhan ratu - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya