Ikan Layur Oleh-oleh Palabuhan Ratu - wisata palabuhan ratu
Headlines News :

Ikan Layur Oleh-oleh Palabuhan Ratu

Written By Di Serahkeun on Tuesday, September 11, 2012 | 1:04 AM

Layur atau istilah asingnya Trichiurus lepturus) orang jepang menyebutrnya tachiuo dan memakannya mentah (sebagai sashimi), korea menyebutnya galchi  ikan layur ialah ikan laut yang sangat mudah dikenal karena bentuknya, yang panjang dan ramping, ikan ini tersebar di perairan tropika maupun perairan sedang. Jenis ini sering di temukan di samudra pasifik dan samudra atlantik.


Untuk ukurannya sendiri ikan layur ini panjangnya bisa mencapai kurang lebih 2 meter, dan berat maximum tercatat 5kg, ikan layur ini bisa mencapai batas usia 15 tahun. Biasanya ikan layur ini suka berkeliaran di siang hari dengan posisi diperairan yang dangkal di dekat pantai yang kaya plankton krustasea. dan pada waktu malam hari ikan layur ini  mendekat kedasar perairan.

Buat anda yang ingin berkunjung ke palabuhan ratu, jangan lupa untuk mendatangi tempat pelelangan ikan (TPI) di sana anda akan menemukan ikan  layur  yang saya maksud, untuk harga lumaya agak mahal, kelebihan ikan layur ini adalah karena dagingnya yang kenyal, tidak terlalu amis, tidak berminyak, serta mudah dilepas tulangnya.

Cara memasaknya bisa di goreng di bakar atau di pepes tergantung kesukaan anda. dan rasanya gurih apalagi kalau di tambah sambal dengan air yang secukupnya kemudian ikan layur yang kita bakar atau goreng itu disatuin kalau istilah sunda (nyobek) pokoknya di jamin topmarkotop.Satu lagi yang perlu di ketahui oleh sobat wisata mungkin cara ini bisa dikatakan kuliner extreme, dimana ikan layur tersebut di bungkus dan dibiarkan membusuk kira-kira 3 hari, kemudian ikan layur tersebut di pepes di dalam hawu (komporgas) dimana hawu tersebut sudah banyak lebunya (debu dari kayu yang sudah hangus terbakar) setelah pengukusan selesai kurang lebih satu jam, pepes ikan layur terbut di sajikan dan siap untuk di santap bersama keluarga. Kemudian pepes itu di berinama oleh warga nelayan dengan sebutan PEPES REDEM IKAN LAYUR.

Gimana penasaran bukan, buat anda yang ingin mencoba, silahkan untuk berkenjung ke pantai palabuhan ratu. Dan nikamati pantainya bersama keluarga tercinta anda.
 
Buat anda yang ingin belanja ikan hasil tangkapan nelayan warga palabuhan ratu , silahkan hubungi kang inchu di no 0856-9580-6494, di jamin gak bakalan kemahalan. 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. wisata palabuhan ratu - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya